Pagi ini persis 1 September 2022 saya datang ke Kantor Imigrasi kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat, sesuai giliran yang saya peroleh dari aplikasi M-Paspor. 
Saya harus memperpanjang Paspor yang sudah habis masa berlaku pada 2020 saat berakhir tugas sebagai Komisioner KPHI, yang beberapa kali setiap tahun ke Arab Saudi dan Negara lain untuk Studi Banding selain tugas Dinas lainnya dari Kantor.

Tak lama menunggu antrian aktif di meja pelayanan, langsung mendapat surprise dengan pelayanan cepat dan diberi Map warna Biru. Katanya saya mendapat status sebagai pelanggan prioritas karena Lanjut Usia. 
Surprise masih berlanjut, saya tidak perlu naik ke lantai 2 seperti pemohon paspor lainnya tapi dipersilahkan ke pojok 8 meter dari meja pelayanan penerima dokumen tadi, masih di lantai 1 yang kursinya diberi kain warna kuning bertulis prioritas. 
Didepan saya ada beberapa lansia, bahkan ada dengan kursi roda.

Didepan kami sudah ada dua petugas yang melayani. Tampak mereka sambil bekerja memperhatikan pelanggannya.

Pak Frendy cepat dan ramah melayani sambil mengambil foto diri pemohon.

Pengalaman lain yang juga perhatian pada lanjut usia adalah PT. KAI, yang cukup dengan KTP, tiket KA mendapat potongan harga 25%.

PERHATIAN PADA LANSIA MINIM.

Sudah 5 tahun saya menikmati status Lanjut Usia, dari banyak pengalaman perjalanan, harus jujur kita akui perhatian kepada masyarakat usia lanjut (lansia) masih minim.

Bahkan kadang tidak pantas. 
Suatu ketika saya menegur petugas boarding di Bandara SH Cengkareng Jkt, ketika "seenaknya" menghardik pasangan lansia yang berdiri didepan meja pelayanan sky priority. Petugas menyuruh pindah ke antrian biasa yang panjang. 
Akhirnya petugas mohon maaf dan sang pasangan lansia bisa naik lebih dahulu dengan senyum.

BOOMING LANSIA

Lansia Indonesia sebentar lagi akan menjadi kelompok komunitas terbesar ketiga di Indonesia.

Dalam 10-30 tahun kedepan, LANSIA menjadi 1 dari 4, bahkan 1 dari 3 dari populasi rakyat Indonesia. Umur nya semakin panjang. Maka akan ramailah terlihat lanjut usia di mana-mana, tetapi dengan kondisi rentan, dengan mengidap 2-4 jenis masalah kesehatan.
Mereka harus diperhatikan.

APA KHABAR KANTOR PELAYANAN LAINNYA?

Hari ini saya bangga pada Imigrasi Kemenkumham dan Keretaapi Indonesia. 
Bagaimana khabar ditempat lain? Mungkin sudah banyak lebih dahulu telah melayani.

Tetapi teruslah BERINOVASI, OBSERVASI dan EVALUASI, tugaskan Pengawas Internal mengawal niat baik. Karena manusia adalah tempatnya lalai.

Ingat pesan ilahiah "Tidak akan berubah nasib suatu kaum, kecuali mereka sendiri yang mulai dan mengubah nya" .

Pastikan Lansia terlayani dengan AMAN, NYAMAN, CEPAT & MENYENANGKAN. 
Mereka sangat layak mendapat pelayanan prioritas
Karena merekalah kita ada dan bekerja.

 

 

Editing: Rany Widashanti

Sumber foto: RSKU Surakarta

Sumber :
Dr. Abidinsyah Siregar